ANALISIS FAKTOR PENGETAHUAN IBU TENTANG DETEKSI DINI PENYIMPANGAN MENTAL EMOSIONAL DENGAN PERTUMBUHAN TERHADAP PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA SEMANDING KABUPATEN KEDIRI

By : Ratna Wardani

 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Mitra Husada, Kediri

 ABSTRAK 

Pemantauan status pertumbuhan dan perkembangan anak sangat penting karena dapat memberikan informasi tentang status kesehatan anak dan screening terhadap gangguan/hambatan di dalam tumbuh kembang anak. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang deteksi dini penyimpangan mental emosional dengan tumbuh kembang pada anak usia 4- 6 tahun di TK Dharma Wanita Semanding Kabupaten Kediri.

Penelitian menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross- sectional. Populasi adalah semua ibu yang mempunyai anak usia 4-6 tahun di TK Dharma Wanita Semanding Kabupaten Kediri yaitu 51 orang. Sampel adalah sebagian ibu yang mempunyai anak usia 4-6 tahun di TK Dharma Wanita Kabupaten Kediri yaitu 45 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel independen adalah pengetahuan ibu tentang deteksi dini penyimpangan mental emosional, sedangkan variabel dependen adalah tumbuh kembang pada anak usia 4-6 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan 89% pengetahuan tentang deteksi dini penyimpangan mental emosional termasuk kategori baik. Pertumbuhan pada anak usia 4-6 tahun dihasilkan 87% termasuk kategori normal dan perkembangan pada anak usia 4-6 tahun dihasilkan 93% termasuk dalam kategori sesuai. Uji statistic menggunakan analisa jalur didapatkan nilai sig 0,005 < 0,05 pada pengetahuan dan pertumbuhan 0,012 < 0,05 terhadap perkembangan yang berarti H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan secara langsung antara  pengetahuan ibu tentang deteksi dini penyimpangan mental emosional dan pertumbuhan terhadap perkembangan pada anak usia 4-6 tahun. Sedangkan pendidikan ibu memiliki hubungan tidak langsung terhadap perkembangan pada anak usia 4 – 6 tahun.

Berdasarkan hasil penelitian diharapkan lebih ditingkatkan lagi kerja sama antara sekolah – sekolah TK dengan Puskesmas maupun di bidang  kesehatan lainnya dalam pemeriksaan tumbuh kembang pada anak.

 Kata kunci: pengetahuan, tumbuh kembang