EFEKTIFITAS POSISI JONGKOK DAN POSISI MIRING KIRI TERHADAP PERCEPATAN KEMAJUAN PERSALINAN KALA I FASE AKTIF PADA IBU PRIMIPARA DI BPM ENDANG SUMANINGDYAH KOTA KEDIRI

Harini Sweta Warna, Retno Palupi Yonni Siwi, Shanty Natalia

STIKes Surya Mitra Husada Kediri

ABSTRAK 

Persalinan merupakan suatu proses membuka dan menipisnya serviks dan janin turun ke dalam jalan lahir. Salah satu upaya yang dilakukan agar proses persalinan kala I fase aktif lancar terutama pada ibu hamil yang usianya muda dan pada primipara adalah mengarahkan posisi ibu sehingga terasa nyaman dan membantu mempercepat pembukaan servik sertra penurunan kepala.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan antara posisi jongkok dan posisi miring kiri terhadap percepatan kemajuan persalinan kala I fase aktif pada ibu primipara di BPM Endang Sumaningdyah kota Kediri.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Eksperiment dengan rancangan post test only control group design. Populasi yang diambil adalah Semua ibu inpartu primipara di BPM Endang Sumaningdyah kota Kediri. Sampel dipilih dengan teknik Purposive sampling berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian dengan menggunakan partograf.

 Dari total 24 responden, didapatkan sebagian besar responden diberi posisi jongkok sebanyak 13 responden (54,17%), dan dari 24 responden sebagian besar responden yang diberi posisi jongkok didapatkan seluruh responden mengalami proses percepatan kemajuan persalinan kala I fase aktif yaitu ≤ 6 jam sebanyak 13 responden (100%). Hasil analisis data dengan uji t-test Independet, pada derajat kemaknaan a= 0,05 didapatkan hasil uji statistik dengan nilai signifikasi 0,000.

Kesimpulannya posisi jongkok lebih efektif terhadap percepatan kemajuan persalinan kala I fase aktif pada ibu primipara dibandingkan posisi miring kiri di BPM Endang Sumaningdyah SST kota Kediri tahun 2014.

Kata Kunci: Persalinan, Posisi Persalinan, Ibu Primipara