PEMBERIAN BRAIN GYM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III DI SDN BALONGREJO KEC. BERBEK KAB. NGANJUK

Oleh  : Henny Purwandari

Prodi Pendidikan Ners di STIKES Satria Bhakti Nganjuk

 ABSTRAK

Matematika adalah pelajaran yang bermanfaat dalam semua segi kehidupan dan pelajaran lainnya, tetapi banyak anak yang menganggap Matematika adalah pelajaran yang sulit. Penerapan metode pembelajaran yang bervariatif dan inovatif di dalam kelas perlu untuk dilakukan oleh seorang guru, agar pembelajaran menjadi lebih menarik, sehingga siswa akan termotivasi untuk belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dapat melalui Brain Gym. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Brain Gym terhadap hasil belajar Matematika.

Penelitian menggunakan rancangan Quasy-Eksperimen Non Randomized Control Group Pretest Postest Design pada kelompok kontrol dan perlakuan yang dilaksanakan tanggal 22 April – 08 Mei 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SDN Balongrejo, kelompok kontrol 21 responden dan kelompok perlakuan 22 responden dengan total sampling. Variabel Independen penelitian adalah Brain Gym, sedangkan variabel dependen penelitian adalah hasil belajar Matematika. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dengan α = 0,05.

Hasil penelitian sebelum diberikan Brain Gym pada kelompok perlakuan dengan nilai rerata 17,57 dan setelah diberikan Brain Gym dengan nilai rerata 66.66. Hasil uji Wilcoxon kelompok perlakuan menunjukkan ρ value = 0,000 ≤  α (α = 0,05) sehingga Ha diterima dan ada pengaruh pemberian Brain Gym terhadap hasil belajar Matematika.

Brain Gym akan memaksimalkan kerja otak, mengintegrasikan otak dengan maksimal sehingga siswa lebih siap dalam menerima pembelajaran selain itu kreativitas guru akan meningkat dan suasana belajar lebih menyenangkan, sehingga meningkatkan minat siswa dalam belajar dan maningkatkan hasil belajar.

 Kata kunci: Brain Gym, Hasil belajar, Matematika, Siswa Kelas III