REKAYASA DAUN SALAM UNTUK PENGAWETAN IKAN DALAM UPAYA MENGHINDARI PENGGUNAAN EFEK FORMALIN TERHADAP KESEHATAN TUBUH

Nurwijayanti*, Hasdianah*, Byba Melda Suhita**

*Dosen Program Ilmu Kesehatan Masyarakat

**Dosen Program pendidikan Ners

STIKes Surya Mitra Husada Kediri

ABSTRAK

Usaha pengawetan ikan yang dapat dilakukan cukup beragam mulai dari pengawetan ikan dengan suhu rendah atau pendinginan, penggaraman, pemindangan yang merupakan upaya pengawetan gabungan antara pemanasan dan penggaraman, pengeringan ikan dan fermentasi . Daun salam mengandung tannin, flavanoid, saponin, triterpenoids, polifenol, alkaloid, dan minyak atsiri. daun salam, secara tidak sadar masyarakat telah menggunakan ekstrak kandungan daun salam dalam masakannyaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui. untuk mengidentifikasi tingkat organoleptik (warna,tekstue,bau) diberikan daun salamdan untuk mengidentifikasi  secara biologis pada ikan setelah diberikan daun salam.

Penelitian ini menggunakan Rancangan penelitian ini menggunakan desain true eksperimental dengan pendekatanPost test control desain,.sampelnya ikan gurami. Variable independen dalam penelitian ini adalah daun salamdependenya adalah ikan gurami. Dalam pengambilan data menggunakan observasi Tehnik Pengumpuan Data untuk uji organoleptik Tehnik pengumpulan data  menggunakan lembar Observasi untuk mengetahui tingkat organoleptik dan Untuk pengumpulan data mikroba dengan uji TPC (Total Plate Count).

Dari hasil penelitian pemeriksaan organoleptik pada ikan gurami setelah diberikan perlakuan menunjukkan pada pengamatan daging dan warna daging menunjukkan ada perbedaan setelah diberikan perlakuan. hasil pemeriksaan mikroba pada ikan gurami setelah diberikan perlakuan terdapat positif bakteri dan terdapat dua jenis bakteri yaitu Stapilococus dan Coliform .Dari hasil uji analisis terdapat perbedaan anatara empat perlakuan tersebut dan yang paling baik pada perlakuan ikan gurami + Aquadest.

Ekstrak daun salam penyimpanan akan lebih baik dan lebih awet,dibandingkan dengan penyimpanan menggunakan Formalin,baik ditinjau dari segi organoleptik,maupun dari segi kumannya,dengan ekstrak daun salam lebih awet dan aman untuk dikonsumsi.

 Kata kunci: Ikan gurami,ekstrak daun salam dan formalin